LP2M

Kualitas suatu Perguruan Tinggi ditentukan oleh keberhasilannya dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Perguruan Tinggi dituntut secara terus menerus mengembangkan 3 (tiga) keunggulan, yaitu keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan pemanfaatan serta penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya. Dalam usaha meningkatkan efisiensi dan efektivitas peran ISIF  Cirebon sebagai agen peerubahan dan pembangunan berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) yang mempunyai fungsi utamanya menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian merupakan kegiatan penyelidikan yang berpedoman pada metode dalam upaya menentukan kebenaran, menyelesaikan masalah dan atau menghasilkan hipotesa baru dalam pengetahuan dan ilmu pengetahuan, serta pemanfaatannya dalam segala aspek kehidupan umat manusia. Dengan makna penelitian seperti tersebut, maka kegiatan penelitian bagi perguruan tinggi dapat menjadi salah satu sumber nafas atau jiwa atau roh dari suatu kehidupan perguruan tinggi. Meningkatnya kualitas penelitian akan dapat mendorong meningkatnya kualitas pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dari suatu perguruan tinggi.

Tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan penelitian di suatu perguruan tinggi dapat dilihat dari tingginya minat dan animo dosen dan mahasiswa. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ISIF Cirebon dalam penelitian dan tingginya hasil penelitian baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta diseminasinya. Sedangkan, tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yaitu tingginya minat dan animo dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat dan tingginya respon terhadap pengabdian kepada masyarakat baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta keberlanjutannya. Selain itu juga dapat diukur dari jumlah penelitian yang diimplementasikan dalam bentuk pengabdian; kuantitas dan kualitas kemitraan serta kerjasama; dan kuantitas dan kualitas masyarakatyang tersentuh oleh kegiatan pengabdian, kepuasan masyarakat sasaran, kuantitas dan kualitas peran dosen dalam organisasi profesi, jumlah dosen yang mendapat penghargaan dalam profesi serta pelayanan ilmiah kepada masyarakat.

Dalam usaha mendorong keberhasilan penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan ISIF Cirebon, baik tingkat lokal,nasional menuju internasional yang didukung dari berbagai sumber dana, maka disusunlah Buku Pedoman Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ISIF Cirebon.

Dalam mengembangkan serta menyelenggarakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LP2M ISIF Cirebon mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan LP2M ISIF Cirebon yang diturunkan dari Visi, Misi, dan Tujuan ISIF Cirebon.